MEMBANGUN KEMITRAAN PEMDA DENGAN ISSUE BERBASIS MASYARAKAT

Untuk mempercepat peningkatan kesejahteraan masyarakat khususnya di daerah pesisir dan pulau-pulau kecil, diperlukan sebuah gerakan yaitu upaya terencana yang dilakukan secara bersama oleh masyarakat dan pemerintah serta pelaku pembangunan lainnya yang didasarkan pada komitmen bersama dengan kesadaran bahwa tampilnya masyarakat sebagai pelaku utama pembangunan akan meningkatkan ownership (kepemilikan) akan hasil pembangunan, maka Pemerintah Kabupaten Takalar mencanangkan Gerakan Pembangunan Masyarakat Pesisir dan Pulau-pulau Kecil yang disingkat Gerbang P2K.

Gerbang P2K adalah sebuah harapan yang membutuhkan kerja keras dan keseriusan untuk merealisasikannya. Betapa tidak, pemahaman masyarakat bahwa segala sesuatu harus ditangani dan dibiayai oleh pemerintah telah tertanam begitu dalam. Padahal di masyarakat, banyak sumberdaya yang bisa digerakkan untuk menyelesaikan berbagai issue tanpa harus menunggu pihak luar untuk menyelesaikannya. Sehingga yang perlu didorong adalah kesadaran masyarakat untuk menanggulangi issue sendiri yang dapat dilihat dari kegiatan yang telah dilakukan masyarakat dengan potensi sumberdaya lokal yang dimiliki.

Tindak lanjut pemda Takalar untuk mewujudkan keberhasilan Gerbang P2K ini maka dilaksanakan suatu LOKALATIH yang mana diselenggarakan di Hotel Bumi Asih Gruop Makassar yang berlangsung selama 5 hari dimulai dari tanggal 23 s/d 28 Juni 2012 yang disponsori oleh JICA, OXFAM, FIK KSM dan Pemda Takalar itu sendiri. Dengan tema :

“ PENGEMBANGAN KEMITRAAN DENGAN PEMERINTAH DAERAH DAN ANALISIS ISSUE BERBASIS MASYARAKAT “

Dengan tujuan memeberikan pemahaman kepada seluruh peserta Lokalatih mengenai tugas dan Fungsi serta cara mendampingi Masyarakat di desa masing-masing. Peserta lokalatih terdiri dari Kader, KPM dan Penyuluh dari 33 Desa se Kabupaten Takalar. Pelaksanaan Kegiatan ini berlangsung sangat alot karena seluruh pesrta berperang aktif dalam menyampaikan pendapat dan tanggapannya terhadap semua materi yang diberikan.

“sebelum saya mengikuti pelatihan ini belum banyak pengetahuan saya dapatkan tentang pengembangan kemitraan dengan pemerintah daerah dan analisis issue berbasis masyarakat, dan setelah saya mengikuti lokalatih ini alhamdulillah saya sudah bisa berbicara di hadapan orang banyak dan menyampaikan apa yang ada di benak dan kondisi desa saya, makanya saya sangat berterimakasih kepada Pemda dalam hal ini Bappeda dan seluruh yang mengsponsori kegiatan ini khususnya Jica, Oxfam, dan Fik KSM yang tidak henti-hentinya memberikan perhatiannya kepada desa kami” hal tersebut disampaikan oleh salah satu peserta lokalatih yang bernama SUARDI TN NGOLO dari Desa Laikang.

Hal serupa juga disampaikan oleh :

MUH. AMPA dari Desa Bonto Marunnu “ pertama – tama saya sampaikan ucapan terimaksih kepada penyelenggara lokalatih ini antara lain Pemda melalaui Bappeda, Oxfam, dan Fik KSM yang tidak mengenal rasa bosan memberikan perhatian serius dalam peningkatan kafasitas Fasilitator Masyarakat (CF) di tingkat Desa dengan tujuan yang sangat muliah yaitu membangun kemitraan dan menggali Issue-issue yang berkembang di masyarakat untuk mencapai kesejahteraan dan kemandirian Desa.”

Pelaksanaan LOKALATIH ini tidak berhenti dengan adanya penutupan tetapi ini merupakan awal dari serentetan kegiatan selanjutnya yang tersusun dalam desain rencana aksi sebagai rencana tindak lanjut pasca Lokalatih ini.

Orang Bijak akan meninggalkan KOMENTAR.........

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s