MEMULAI ACCESS 2007

Microsoft Access 2007 yang untuk selanjutnya disingkat Access 2007 adalah program aplikasi database yang populer dan banyak diguna-kan saat ini. Dengan Access 2007 Anda dapat merancang, membuat, dan mengelola database dengan secara mudah. Access 2007 mempunyai tampilan user interface (UI) baru yang mengganti menu, toolbars, dan sebagian besar task panes yang ada di Microsoft Access versi sebelumnya dengan mekanisasi tunggal yang lebih simpel dan efisien. User interface (UI) baru ini dirancang untuk membantu Anda bekerja lebih produktif serta mudah dalam meng-gunakan seluruh fasilitas dan fungsi yang ada.

Untuk memulai atau membuka program aplikasi Access 2007, ikuti langkah berikut ini:

  1. Nyalakan komputer Anda, tunggu sampai komputer menam-pilkan area kerja (desktop) Microsoft Windows XP Service Pack (SP) 2, Microsoft Windows Server 2003, atau Microsoft Windows Vista.
  2. Klik tombol  Start yang ada di taskbar.
  3. Pilih atau klik menu All Programs > Microsoft Office >Microsoft Office Access 2007.

Mengenal Ribbon sebagai User Interface Baru pada Access 2007

Access 2007 mempunyai tampilan user interface (UI) baru yang mengganti Menu, Toolbars, dan sebagian besar Task Panes yang ada di Access versi sebelumnya dengan mekanisasi tunggal yang lebih simpel dan efisien.

  1. Pengganti menu dan toolbars pada Access 2007 biasa disebut Ribbon, yang dirancang untuk membantu Anda bekerja lebih produktif serta mudah dalam menggunakan seluruh fasilitas dan fungsi yang disediakan oleh Access 2007.
  2. Ribbon ini terdiri atas beberapa Tabs yang mengorgani- sasikan berbagai skenario khusus dan objek sesuai dengan jenis aktivitasnya.
  3. Masing-masing tab terdiri atas beberapa Groups.
  4. Setiap group terdiri atas beberapa Tombol Perintah atau Command Buttons.

Jadi, Ribbon ini mempunyai fungsi dan isi yang sangat lengkap karena di dalamnya juga sudah mengandung menu, toolbars, tombol perin-tah (command buttons), galleries, dan kotak dialog. Selain standard Tabs yang ada pada Ribbon, Access 2007 juga menyediakan Tab lain yang biasa disebut Contextual Tab yang akan otomatis muncul ketika Anda edang memilih atau bekerja dengan objek seperti table, picture, atau drawing.

bersambung ke tulisan berikutnya gang

Satu Tanggapan

  1. Makasih mas bro…
    salam kenal dari http://mayherbal.blogspot.com

Orang Bijak akan meninggalkan KOMENTAR.........

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s