SEJARAH INTERNET

Lary Robert

Larry Robert

Tahun 1960-an Depertemen Pertahanan Amerika Serikat Kwatir akan kemungkinan terjadinya perang nuklir. sehingga pemerintahan pada saat itu mulai mengadakan penelitian untuk menghubungkan komputer-komputer yang  dimiliki Depertemen Pertahanandalam satu instansi. pada bulan Oktober 1962 dimulailah Program Riset Komputer di ARPA (Advanced Research Projects Agensy) dengan Joseph Lickider sebagai ketua Program pertama. pada tahun 1965 dengan bantuan dana ARPA, Larry Robert dan Thomas Marill mencoba membuat koneksi Wide Area Network yang pertama. mereka menghubungkan komputer TX-2 di MIT dengan komputer Q-32 di Santa Monica melalui jaringan telepon. dari situ diketahui bahwa jaringan telepon dapat mengirim data namun tidak efisien karena menghabiskan Bandwith dan mahal.

Tahun 1966 Bob Taylor dari ARPA menerima bantuan dana dari berbagai universitas di Amerika Serikat untuk melakukan percobaan membuat jaringan yang menghubungkan komputer-komputerdari sejumlah universitas yang mendanai percobaan ini. tiga tahun kemudian jaringan tersebut berhasil dibuat yang disebut sebagai ARPANET. cikal bakal internet ini pertama kali ON LINE pada tahun 1969 , pada bulan juni 1970 beberapa universitas dan lembaga lain, seperti MIT, Harvard, BBN dll pada bulan januari 1971 giliran Stanford, Lincoln labs ikut bergabung. Pada Tahun 1971 The Network Working Group menyelesaikan protokol Telnet. pada tahun 1872, Ray Tomlinson dari BBN menulis program yang dapat mengirimkan surat secara elektrik melalui ARPANET. Tomlinson menggunakan simbol @ (dibaca: et) untuk menghubungkan nama pengguna (username) dan alamat e-mail (e-mail address). pada tahun 1980-an, simbol @ kemudian digunakan sebagai standar di seluruh dunia.

permasalahan yang timbul untuk menghubungkan jaringan-jaringan komputer kedalam ARPANET adalah banyaknya jaringan komputer yang berbeda. pada tahun 1973 dimulai pengembangan sebuah protokol yang disebut protokol TCP/IP oleh sebuah kelompok yang dipimpin oleh Vinton Cerf dari standford dan Bob Kahn dari DARPA (Defense Advanced Research Projects Agency)

Tahun 1989 internet kemudian dipergunakan secara  terbuka untuk umum sejak saat itulah pengguna internet berkembang dengan sangat pesat di dunia. tahun 1990 ARPANET resmi ditutup. jaringan tersebut telah berkembang dari 4 jaringan komputer yang tergabung di dalamnya menjadi 300.000 jaringan. pada tahun 1993 dikembangkan aplikasi browsing yang disebut MOSAIC oleh Marc Andreessen bersama timnya di National Cente for Supercomputing Applications (NCSA), Andreessen keluar dari NCSA dan menjadi otak dari Netscape Crop dan kemudian mebuat Netscape, browser yang paling sukses sampai akhirnya, Microsoft mengembangkan Microsoft internet Explorer.

Oleh : Makmur Achank

Sumber Tulisan :

Google. Sejarah Internet. http://www.google.com

Pandia Henry.2007.Teknologi Informasi dan Komunikasi.Penerbit Erlangga.Jakarta

2 Tanggapan

  1. mksh, bgs n sgt membantu

    • iya sama2 bu’. makasih udah berkunjung di blog aku…

Orang Bijak akan meninggalkan KOMENTAR.........

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s