KONSEP PL-PBK

Pembangunan dalam suatu wilayah kadang tidak dapat berkelanjutan

RENCANA PEMBANGUNAN SANGGAR TANI

seperti yang diharapkan. Pembangunan fisik yang telah ada dalam pemanfaatan dan pemeliharaannya kurang optimal, hal tersebut terjadi karena belum adanya suatu model perencanaan dan Penataan Lingkungan wilayah secara terpadu yang melibatkan partisipasi aktif semua komponen pelaku pembangunan ( Pemerintah, masyarakat, pihak swasta, dan kelompok peduli). Namun demikian, Pemerintah terus memberikan perhatian besar dalam meningkatkan kesejahteraan dan kwalitas kehidupan masyarakat. Salah satu upaya yang dilakukan adalah pelaksanaan Program Penataan Lingkungan Lingkungan Permukiman Berbasis Komunitas (PLP-BK) atau Neighbourhood Development (ND).
PLP-BK merupakan peningkatan dari Program Penanggulangan Kemiskinan di Perkotaan (P2KP) atau PNPM Mandiri Perkotaan yang ada. PLP-BK lahir sebagai suatu model pembangunan yang berbasis komunitas dan nilai luhur. Artinya, melibatkan masyarakat secara langsung dan penerapan nilai-nilai luhur. Masyarakat berencana dan membangun tatanan kehidupan berdasarkan visi atau cita-cita masa depan yang akan dibangun bersama. Diharapkan PLP-BK ini nantinya masyarakat akan lebih menjaga dan memelihara hasil pembangunan sehingga Pembangunannya menuju kondisi lingkungan permukiman yang lebih baik. Tahap awal membangun pondasi masyarakat berdaya, kemudian membangun transformasi menuju masyarakat mandiri yang tujuan akhirnya adalah masyarakat madani. Proses transformasi sosial dilakukan melalui berbagai intervensi untuk meningkatkan kemampuan masyarakat dalam Penataan Lingkungan kwalitas lingkungan permukiman yang berkelanjutan (sustainability development) di wilayahnya.
Pembangunan fisik/lingkungan menjadi media belajar untuk membangun tata kerja. Bermasyarakat untuk menyepakati peraturan-peraturan yang dibutuhkan dalam berbagai ruang hidup sehingga mampu menjadi perekat dalam tata hidup masyarakat madani yang saling menghargai dan produktif yang pada gilirannya akan terwujud kwalitas lingkungan permukiman yang sehat, tertib, selaras, berjati diri dan lestari.
dengan adanya PLP-BK di desa kami kehidupan kami agak menigkat hal ini di sebabkan karena adanya pelibatan masyarakat dalam pengambilan keputusan sehingga kami merasa puas

2 Tanggapan

  1. Semakin Oke ajha webx parner…..mantap……..

  2. mkasih kunjungannya bro…

Orang Bijak akan meninggalkan KOMENTAR.........

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s